Grafik Barber Johnson

Grafik Barber Johnson dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengukur tingkat efisiensi pengelolaan rumah sakit khususnya pendayagunaan sarana tempat tidur dan dapat untuk mengadakan perbandingan serta membantu dalam menganalisa dan mengambil keputusan mengenai :

  1. Memonitor kegiatan dan perbandingan dalam kurun waktu tertentu. Perkembangan kegiatan rumah sakitdalam beberapa tahun dapat dilihat pada satu grafik.
  2. Perbandingan kegiatan antar rumah sakit atau antar bagian di dalam rumah sakit.
  3. Meneliti akibat perubahan kebijaksanaan.
  4. Mengecek kesalahan laporan. Apabila laporan LOS, TOI, BTO, BOR setelah digambarkan dalam grafik Barber Johnson, garis-garis keempat parameter tersebut tidak ketemu dalam satu titik, berarti laporan tersebut tidak benar.

Indikator-indikator mengenai efisiensi dan efektifitas rumah sakit biasanya disajikan dalam bentuk grafik yaitu Grafik Barber Johnson. Dalam grafik Barber Johnson dapat dilihat apakah pengelolaan rumah sakit sudah efisien atau belum. Selain itu, dari grafik Barber Johnson juga dapat diambil keputusan atau kebijakan baru mengenai peningkatan pelayanan rumah sakit. Untuk mempermudah dalam pembuatan grafik Barber Johnson dapat digunakan aplikasi Microsoft Excel.
Untuk download Pembuatan Grafik Barber Johnson klik link berikut Download BJ-CHART
Pindahan dari :http://heryka.wordpress.com/2008/01/21/grafik-barber-johnson/

Leave a Reply